Saturday, November 4, 2023

Tutorial Uji Validitas dan Reliabilitas Menggunakan Aplikasi SPSS

Dalam penelitian kuantitatif ada beberapa tahap uji penelitian yang harus dilakukan salah satunya adalah uji kualitas data. Uji kualitas data adalah uji pertama yang harus dipenuhi ketika melakukan uji penelitian kuantitatif.

Uji kualitas data adalah uji yang dilakukan untuk mengetahui apakah data yang diperoleh dari responden penelitian memiliki kualitas yang baik untuk menjelaskan kerangka penelitian.

Uji kualitas data terbagi menjadi dua jenis yaitu uji validitas dan uji reliabilitas data.

Uji Validitas

Uji validitas adalah uji yang dilakukan untuk mengetahui apakah data penelitian valid atau tidak. Uji validitas dilakukan dengan cara membandingkan nilai r-hitung dengan nilai r-tabel. Standar pengukuran uji validitas adalah sebagai berikut :

·         Jika nilai r-hitung > r-tabel = data penelitian valid

·         Jika nilai r-hitung < r-tabel = data penelitian tidak valid

Adapun nilai r-tabel diperoleh dari r-tabel. Berikut adalah link file r-tabel untuk jumlah sampel 1-200 : https://matriksindonesia.blogspot.com/2023/06/tabel-r-dan-tabel-t-untuk-uji.html 

Uji Reliabilitas

Uji kualitas data selanjutnya adalah uji reliabilitas. Uji reliabilitas data adalah uji yang dilakukan untuk mengetahui apakah data yang  diperoleh dari responden reliabel untuk menjelaskan kerangka penelitian atau tidak. Data penelitian yang baik adalah data yang lulus uji reliabilitas atau dengan kata lain data yang reliabel.

Standar pengukuran uji reliabilitas data adalah sebagai berikut :

·         Jika nilai reliabilitas variabel > 0.6 maka variabel penelitian tersebut reliabel

·         Jika nilai reliabilitas variabel < 0.6 maka variabel penelitian bersifat tidak reliabel

Adapun tutorial uji validitas dan reliabilitas data dapat dilihat pada video berikut :



0 Comments

Post a Comment