Wednesday, January 18, 2023

Website Penting Untuk Para Pejuang Skripsi

Skripsi menjadi karya tulis ilmiah yang penting dalam menentukan kelulusan mahasiswa. 

Tidak hanya itu, nilai dari hasil sidang skripsi juga memiliki bobot yang besar pada SKS (Satuan Kredit Semester) dimana biasanya skripsi memiliki bobot 6 SKS di banyak kampus di Indonesia.

Karena alasan tersebut, tentunya mendapatkan nilai kelulusan skripsi yang tinggi menjadi dambaan banyak mahasiswa sehingga kerap berjuang memberikan upaya terbaik dalam penyusunan skripsi.

Menyusun laporan skripsi membutuhkan bantuan tidak hanya dari dosen pembimbing namun juga referensi dari website yang tepat guna memberikan arahan, teori, dan kerangka berfikir dalam isi laporan skripsi.

Artikel ini akan membahas website-website keren di Google yang menjadi andalan mahasiswa dalam menyusun laporan skripsi.

Website-website pilihan blog kali ini akan membantu kamu semua para mahasiswa juga akademisi dalam memudahkan penyusunan laporan karya tulis ilmiah seperti skripsi, tesis, disertasi, pembuatan jurnal, dan makalah lainnya.

Mau tahu ada website apa saja? Yuk, langsung disimak aja!

Website – Website Penting Untuk Penyusunan Karya Tulis Ilmiah

1. Sci-Hub

Website pertama adalah https://sci-hub.se/Website ini sangat berguna dalam membuka jurnal-jurnal internasional yang terkunci dan tidak bisa diakses tanpa izin atau akses account. Cara penggunaanya mudah banget, kok. Berikut petunjuk penggunaan website sci-hub :

  • Buka link paper / jurnal yang akan disitasi
  • Copy link doi paper tersebut
  • Buka portal Sci-hub disini
  • Paste link doi paper rujukan tadi ke kolom enter URL di sci-hub
  • Taraaaa! Paper siap disimpan dan dibaca

2. Docsity

Wesbite docsity merupakan website yang berisikan rangkuman materi, paper, catatan-catatan bahkan contoh soal ujian dari kampus-kampus di seluruh dunia. Kalian bisa mencari berbagai jenis dokumen disini dan bahkan catatan kating (kakak tingkat) di kampus kalian pun bisa ditemukan dengan mudah di website ini, loh!

3. Studocu.com

Website selanjutnya adalah StuDocu yang isinya hampir mirip dengan Docsity. Pada website ini, kamu juga bisa menemukan buku-buku materi hingga laporan penelitian yang sesuai dengan kampus dan mata kuliah yang diinginkan. Dengan website StuDocu, kamu gak perlu lagi mencari laporan susah-susah, karena di website ini semua laporan bisa dibaca dan didownload secara gratis dan mudah

3. MyBib

Masih bingung gimana cara membuat daftar pustaka? Tenang! Sekarang kamu bisa membuat daftar pustaka secara cepat dan tepat menggunakan website MyBib. 

Di website ini, kamu bisa membuat sitasi dari website, buku, jurnal, dan 30 sumber pustaka lainnya dengan mudah. Cukup masuk ke website MyBib, lalu klik add citation. Pada menu New Citation, kamu bisa langsung pilih jenis sitasi yang akan kamu buat, seperti sitasi artikel dari website, buku, atau jurnal.

Setelah memilih jenis sitasi, kalian bisa langsung saja paste link URL referensi kalian dan MyBib akan dengan otomatis membuat daftar pustakamu. Gampang, kan?

4. Connected Papers

Dalam menyusun referensi skripsi, biasanya ada saja permintaan dosen pembimbing seperti referensi harus berasal dari jurnal tertentu, referensi harus berasal dari jurnal yang terbit pada 5 tahun terakhir, atau referensi harus memiliki topik yang relevan satu sama lain.

Nah, untuk kamu yang kesusahan dalam menentukan jurnal mana yang harus dipilih sebagai referensi papermu, gak perlu khawatir!

Connected Papers dapat membantu kamu dalam menemukan referensi yang saling berkaitan satu sama lain. Referensi-referensi ini juga menunjukkan nama author, tahun terbit, hingga topik atau judul penelitian. Website ini dapat mempersingkat waktumu dalam mencari jurnal referensi secara cepat dan mudah

5. Scimago

Familiar dengan jurnal Scopus?

Yap, Scopus adalah index jurnal internasional bereputasi.

Jurnal terindex Scopus adalah jurnal-jurnal bereputasi dan telah diakui kredibilitasnya sehingga banyak akademisi atau dosen-dosen yang mensyaratkan referensi jurnal yang terindex Scopus.

Nah, untuk mengetahui apakah referensi pilihanmu sudah terindex Scopus atau belum, kamu bisa menggunakan website Scimago.

Scimago merupakan website yang dapat menunjukkan kredibilitas jurnal secara tepat. Kalian hanya perlu masuk ke website Scimago dan ketik nama jurnal yang akan kalian sitasi. Selanjutnya, kalian klik nama jurnal tersebut dan scroll hingga bawah. Nantinya di bagian paling bawah akan muncul keterangan index jurnal tersebut.

Jika jurnal pilihanmu terindex Scopus, akan muncul logo nama jurnal dengan Huruf Q1, atau Q2, Q3, atau Q4. Jika terdapat logo dengan tulisan tersebut, maka dipastikan jurnal tersebut sudah terindex Scopus dan bisa dipilih sebagai referensi yang baik untuk skripsi kalian.

6. Flourish

Website terakhir pilihan terbaik untuk mahasiswa selanjutnya adalah Flourish. Flourish menawarkan kemudahan dalam membuat data visualization atau visualisasi data menjadi tabel atau grafik yang dapat mempercantik tampilan datamu.

Website ini juga 100% gratis, loh!. Cukup daftarkan akun barumu sesuai petunjuk maka kamu sudah bisa membuat chart, table, maps, diagram yang menarik di website ini.

 Itu dia 6 website menarik untuk membantu mahasiswa dan akademisi membuat skripsi atau penelitian akademis.

Semoga rekomendasi ini bermanfaat, ya!

 

Author           : Riska Dwinda Elsyah



0 Comments

Post a Comment